Percepatan Peningkatan Kualitas Penggerakan Tim Advokasi Terpadu Program Bangga Kencana di Kab. Biak Numfor

Biak – Dalam rangka percepatan peningkatan kualitas penggerakkan tim advokasi terpadu mengenai program bangga kencana di Kabupaten Biak Numfor, Perwakilan BKKBN Provinsi Papua bertemu dan berdialog (sharing session) bersama anggota GenRe Kab. Biak Numfor.

 

Dalam kegiatan tersebut, Subkoordinator KIE Perwakilan BKKBN Provinsi Papua membagikan materi seputar pengenalan Stunting dan peran remaja dalam mengadvokasi tentang percepatan penurunan stunting dari usia remaja, sebagai sasaran awal program pencegahan stunting. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi mengenai stunting dan mengapa BKKBN khususnya GenRe juga harus berperan dalam mengedukasi masyarakat tentang pencegahan stunting.

 

Pemutaran video-video edukasi tentang pencegahan stunting juga dilaksanakan sehingga generasi muda memiliki gambaran pesan seperti apa yang akan mereka kemas dalam himbauan-himbauan yang akan dibuat berdasarkan kreativitas generasi muda Kabupaten Biak Numfor, baik dalam bentuk visual maupun audiovisual. Peran-peran generasi muda dan strategi komunikasi yang tepat juga menjadi bahan diskusi.

Joice, anggota Genre Kabupaten Biak

“Mungkin lebih jelasnya perlu ditekankan kalau kita promosi tentang stunting kepada calon keluarga atau yang belum punya anak, karena kalau sudah stunting susah diobati. Jadinya kalau kami diminta untuk membuat promosi berarti sasarannya jelas, supaya calon pengantin atau anak muda bisa menerima pesan dengan lebih baik dibanding keluarga yang sudah punya anak.” jelas Rejoice, seorang anggota GenRe.

 

Selanjutnya, diskusi juga berlanjut kepada penyebab awal stunting yang lebih banyak disebabkan oleh pasangan yang menikah di usia muda dan belum siap sehingga menyebabkan keluarga yang berisiko stunting.

Lukas, Duta Genre Kabupaten Biak Tahun 2021

“Ketika menyampaikan tentang stunting bisa dikaitkan dengan penyebabnya yang lebih banyak yaitu dari remaja / early marriage / kasus married by accident, jadi bisa dikhususkan materinya ke arah sana agar bisa dikaitkan juga dengan materi PUP (Pendewasaan Usia Perkawinan)” jelas Lukas, duta GenRe Kab. Biak Numfor tahun 2021.

 

Sebagaimana yang diketahui bersama, melalui Perpres No. 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, BKKBN ditunjuk sebagai ketua tim percepatan penurunan stunting di Indonesia, sehingga agenda pencegahan stunting menjadi fokus program sejak tahun 2021 (TK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *