BKKBN Papua Gelar Kegiatan Fasilitasi Koordinasi Satu Data Kependudukan untuk Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Daerah

Jayapura_Perwakilan BKKBN Papua dalam hal ini Bidang Pengendalian Penduduk menyelengggarakan kegiatan Fasilitasi Koordinasi Satu Data Kependudukan untuk Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Daerah (RPJMD/RENSTRADA/RENJA Perangkat Daerah Bidang Kependudukan), pada hari kamis 30/9/2021 melalui zoom Meeting.

Pada kegiatan ini yang menjadi narasumber yaitu Drs.Jhon Rahail,M.Kes selaku ketua Koalisi Kependudukan Provinsi Papua.

 

Selanjutnya Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk Sarwandi,SE juga menambahkan bahwa indikator-indikator terkait dengan data-data parameter bisa dijadikan referensi dalam menyusun dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk menyusun RPJMD dan restranda kabupaten/kota setempat.

Sarwandi berharap  kegiatan ini sebagai bahan informasi atau refrensi kepada pemerintah daerah setempat  khususnya daerah yang selesai melaksanakan pilkada serentak. Namun daerah lain juga bisa sebagai bahan evaluasi RPJMD didaerah masing-masing.

“Data-data yang kita sudah kita susun, dan indikator-indikator parameter bisa menjadi bahan referensi, bahan masukan target-target kegiatan apa yang bisa diintegrasikan minimal ada indikatot-indikator program Bangga Kencana, indicator parameter ke dalam RPJMD minimal 5  tahun kedepan mempunya pegangan yang bisa dilaksanakan di daerah  dan merujuk permendagri nomor 50 tahun 2021 bahwa indikator-indikator sudah ada dan bisa disinkronkan dalam menyusun RPJMD.,jelasnya”.

Berbekal dengan data-data dan permendagri nomor 50 tahun 2021 tersebut diharapkan sebagai bahan pendekatan kepada pengambil kebijkan didaerah, lintas sekstor maupun Bappeda untuk menyusun RPJMD di daerah kabupaten/kota masing-masing. S.M

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *