Depan > Index Berita > BKKBN Papua Gelar Latihan Dasar Umum (LDU) Bagi Petugas PLKB
BKKBN Papua Gelar Latihan Dasar Umum (LDU) Bagi Petugas PLKB
Selasa, 3 Oktober 2017

FB_IMG_1507005472874.jpg
Jayapura_ Sebagai salah satu bentuk nyata kegiatan pelatihan PKB/PLKB adalah Latihan Dasar Umum (LDU). LDU merupakan syarat mutlak bagi calon penyuluh KB sebelum turun sebagai ujung tombak dan penggerak masyarakat dalam program KB. Bidang Pelatihan dan Pengembangan Perwakailan BKKBNProvinsi Papua kembali menggelar Diklat Dasar Umum (LDU) program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) bagi Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) selama 21 (dua puluh satu) hari, mulai dari tanggal 01 Oktober sampai dengan 21 Oktober 2017 bertempat di @Hom Hotel Tanah Hitam.

Diklat ini di ikuti oleh 25 orang peserta dari beberapa kabupaten yang ada di Provinsi Papua yaitu kabupaten Biak, Asmat, Keerom, Nabire, Kepulauan Yapen dan Mimika.

Kegiatan ini di buka secara langsung oleh kepala Perwakilan BKKBN Papua Sarles Brabar, SE.M,Si.

Dalam sambutannya, Sarles mengatakan bahwa pelatihan LDU ini sangatlah penting karena dapat menyiapkan tenaga fungsional PLKB yang siap pakai, berkompeten dan mempunyai daya juang yang tinggi dalam mensosialisasikan program KKBPK di tengah-tengah masyarakat. Selain itu PLKB adalah corong dalam penyampaian informasi kepada masyarakat mengenai pentingnya program KKBPK sebagai dasar dalam merencanakan dan membangun keluarga” ungkapnya.

Menurut sarles kegiatan LDU bagi PLKB tidak hanya dibekali dengan informasi mengenai program KKBPK, akan tetapi juga dengan ilmu –ilmu pendukung yang menopang tugas dan performa di lapangan, yakni seperti public speaking, public relation, estetika, informasi mengenai Napza dan HIV/AIDS dan ilmu pendukung lainya.

Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah peserta diklat mampu memahami dan menguasai program pembangunan kependudukan dan Keluarga Berencana (KKBPK) dengan baik dan benar. Selain itu peserta diharapkan dapat memahami tugas dan fungsi serta tata cara kerja Penyuluh Keluarga Berencana, memiliki wawasan tentang visi dan misi BKKBN, memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan dan pelaksanaan program KKB, memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membangun kerjasama dan kemitraan dengan sesama petugas serta poktan lainnya, memiliki sikap dan perilaku kerja standar kompetensi PLKB. (S.M)