Depan > Index Berita > Sosialisasi Sertifikasi dan Uji Kompetensi Tahap II Bagi Penyuluh KKBPK
Sosialisasi Sertifikasi dan Uji Kompetensi Tahap II Bagi Penyuluh KKBPK
Selasa, 26 September 2017

IMG-20170928-WA0001.jpg 
Jayapura_Perwakilan BKKBN Provinsi Papua menggelar sosialisasi sertifikasi dan uji kompetensi tahap II bagi penyuluh KKBPK yang di ikuti sekitar 21 orang peserta  dari kabupaten yang ada di Papua bertempat di @Hom Hotel Selasa 26/9.

Sertifikasi bagi penyuluh KKBPK adalah proses penilaian atas jenis tingkat kompetensi yang dikuasai oleh penyuluh yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, sesuai dengan tugas jabatannya.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua yang dalam hal ini diwakili oleh Widiaiswara Drs.Slamet Teguh, MMT. 

 IMG20170927094224.jpg

Dalam sambutan kepala BKKBN yang di bacakan oleh Slamet mengatakan bahwa pelaksanaan sertifikasi akan menggunakan uji kompetensi berbasis online dengan penggunaan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sertifikasi dan pengelolaan Penyuluh KKBPK sesuai amanat UU No. 23 Tahun 2014 ini menjadi kewenangan BKKBN yang telah ditetapkan dalam Peraturan Kepala BKKBN Nomor 5 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Penyuluh KKBPK dan Pembangunan Keluarga.

Penyelenggaraan sertifikasi bagi Penyuluh KKBPK bertujuan untuk mengukur kompetensi yang dimiliki sebagai gambaran professional dalam melaksanakan tugas di lini lapangan dan tingkat kompetensi yang dikuasai oleh para penyuluh KKBPK berdasarkan hasil uji kompetensi dengan mengacu kepada standar kompetensi untuk mewujudkan tenaga lapangan program KKBPK yang kompeten, berintegritas dan profesional” jelasnya.

Slamet juga mengatakan bahwa meski para PLKB menjadi ASN Pusat, namun lokasi kerja para penyuluh KKBPK tetap berada di kabupaten/kota yang berada langsung ditengah-tengah masyarakat"ungkapnya. ​(S.M)