Perwakilan BKKBN Provinsi Papua Laksanakan Apel Harganas ke-28 Tahun 2021

Jayapura – Dalam rangka merayakan Hari Keluarga Nasional ke-XXVIII Tanggal 29 Juni 2021, Perwakilan BKKBN Provinsi Papua melaksanakan Apel Harganas dengan mengundang mitra kerja dan para penerima penghargaan dari BKKBN Provinsi Papua.

Apel Harganas tahun 2021 ini dilakukan dengan sederhana, penuh hikmat dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Meski pelaksanaan apel tahun ini tidak disertai proses pengibaran bendera, namun peserta tetap melakukan penghormatan bendera merah putih dan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pada kesempatan itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Papua menyampaikan sambutan Kepala BKKBN RI dalam rangka memperingati Harganas ke-28 tanggal 29 Juni 2021.

Diharapkan melalui program Bangga Kencana, seluruh keluarga bisa memperhatikan kesehatan dan mewujudkan keluarga berkualitas sesuai dengan tema Harganas tahun 2021 yakni Keluarga Keren Cegah Stunting. Hal ini sesuai dengan amanat Presiden Republik Indonesia kepada BKKBN sebagai ketua pelaksana percepatan penurunan angka stunting di Indonesia.

Penurunan prevalensi stunting balita di tingkat nasional sebesar 6,4% selama 5 tahun yaitu dari  37,2% tahun 2013 menjadi 30,8% tahun 2018. Sedangkan untuk balita normal terjadi peningkatan dari 48,6% (2013) menjadi 57,8% (2018). Indonesia tercatat sebagai salah satu dari negara yang mengalami beban ganda gizi, baik kelebihan maupun kekurangan gizi. Diharapkan BKKBN dapat berperan aktif dalam menangani stunting melalui berbagai program mulai dari sebelum masa kehamilan hingga paska melahirkan dan dapat menjamin 1000 Hari Pertama Kehidupan(HPK) yaitu dari janin hingga anak berusia 23 bulan.

Kaper BKKBN Provinsi Papua juga mengajak seluruh bapak/ibu dan keluarga untuk saling bahu membahu dalam mengatasi permasalahan stunting dan penanganan covid-19. Ia juga menyampaikan terima kasih atas sinergitas antara BKKBN dengan tim penggerak PKK, pemerintah, dan mitra-mitra BKKBN, para kader, PKB/PLKB, dan pengelola program Bangga Kencana.

 

Sehubungan dengan Harganas ke-28 tahun 2021, BKKBN RI memberikan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Bupati Kabupaten Jayapura. Diharapkan hal ini menjadi motivasi agar teman-teman terus memberikan semangat juang dalam memberikan pelayanan program Bangga Kencana.

Sebagai puncak perayaan Harganas ke-28, Perwakilan BKKBN Provinsi Papua turut memberikan beberapa perhargaan pada Apel Harganas tersebut. Pengahrgaa-penghargaan tersebut antara lain Penghargaan Pelayanan KB Dalam Rangka Hari Kartini, Penghargaan Atas Partisipasi Pada Kegiatan Pelayanan Serentak Sejuta Akseptor, Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Program Bangga Kencana Terbaik Tahun 2021 Tingkat Provinsi Papua, Penghargaan Keluarga Teladan Tingkat Provinsi, Penghargaan Pegawai Teladan Perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Hadiah Juara Lomba Tiktok Challenge “Ajang Kreativitas Kawula Muda” AKuKaMu dalam rangka Harganas XXVII Tahun 2021, Pemenang Lomba Tenis Meja dan Pemenang Lomba Domino.

Setelah pelaksanaan Apel Harganas, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada mitra kerja dan pegawai senior di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Papua. (TK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *