Sambut Harganas Ke-28 DP3AKB Kota Jayapura Gelar Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

Jayapura_ Dinas Pengendalian Penduduk dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Jayapura melakukan Pencanangan Pelayanan Sejuta Akseptor dalam rangka Harganas ke-28 Tahun 2021 di Kota Jayapura, yang bertempat di Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) Waripoi Perwakilan BKKBN Papua kamis 24/06/2021, dan tentunya dengan mengikuti protocol kesehatan.

Menurut kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Jayapura Bettty Anthoneta Puy, SE.MPA, menjelaskan bahwa kota jayapura mentargekan pelayanan ini sekitar 135 akseptor implant.Dianataranya 127 akseptor baru dan 8 akseptor bongkar pasang. Selain pelayanan KB Implan Bety juga melaporakan bahwa telah melaksanakan kegiatan-kegiatan terkait Kampung Keluarga berkualitas, IMP, bina-bina keluarga, Siap Nikah, stunting, orang tua hebat .

Melaui tema Harganas ke-28 yaitu kelurga keren cegah stunting, Betty mengajak keluarga-keluarga yang ada di kota jayapura untuk selalu merencanakan segala sesuatu di awali dari keluarga, dan menjadikan keluarga hebat melalui perencanaan.

 

Kegiatan ini bekerjasama dengan Perwakilan BKKBN Papua dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Papua . Sarles Brabar, SE.M.Si selaku kepala Perwakilan BKKBN Papua menjeskan bahwa BKKBN hanya menyiapkan fasilitas tempatnya sedangkan dinas kota yang mencari akseptor. Pelayanan KB ini pun dilakukan disemua kabupaten/kota se-papua dan dilaksanakan secara gratis tanpa memungut biaya. BKKBN tidak membatasi seseorang untuk memiliki anak, namun hanya bagaimana mengatur jarak kelahiran, agar ibu dan balitanya dapat sehat. Jika seorang ibu itu sehat maka tentunya dapat memelihara anak-anaknya dan eksis mendapingi suaminya. Kalau seorang ibu sehat maka dia akan memelihata anak-anak menjadi anak-anak yang berkualitas, sehat dan dapat mendampingi suami dan anak-anaknya menjadi keluarga yang berkualitas, jelasnyaā€¯.

Selain itu Dionesia Pri Utami,S.KM,M.Kes selaku Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Papua mengajak semua keluarga-keluarga yang ada di Papua untuk memaknai arti keluarga itu sendiri. Dimana keluarga merupakan tempat ternyaman untuk saling mengasihi dengan penuh cinta kasih, asah,asih dan asuh untuk membina dan membimbing keluarga dalam beradaptasi dengan social masyarakat. Sehingga keluarga dapat menyiapkan anak-anak menjadi generasi-generasi penerus yang unggul. (S.M)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *