Sosialisasi Penguatan PK Bersama Mitra di Distrik Depapre

Jayapura_ Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Papua bersama Komisi IX DPR RI secara maraton terus menggelar sosialisasi Pendataan Keluarga (PK) tahun 2021. Kali ini, sosialisasi digelar di Kabupaten Jayapura, tepatnya di Distrik Depapre,Kamis 3/06/2021.

Menurut Plt.Koordinator Bidang Adpin Yusuf Manan,SE saat memberikan sambutan mewakili kepala BKKBN Papua mengatakan bahwa BKKBN melakukan pendataan keluarga sebagai amanat UU 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan Peraturan Pemerintah No 87 tentang Perkembangan Kependudukan, Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga.

Pendataan keluarga dilakukan serentak setiap lima tahun sekali, dan pendataan tahun ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pendataan Keluarga dimulai dari tanggal 1 April sampai dengan 31 Mei 2021, dan mendapat penambahan waktu hingga tanggal 21 juni 2021, jadi masih ada waktu bagi kader di Distrik Depapre ini untuk mendata keluarga-keluarga yang belum didata, jelasnyaā€¯.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Jayapura Drs.Derek Timotius Wouw, M.Si. Menurut Derek dengan adanya kader pendata tentunya nanti dapat membantu kepala distrik, kepala kampung ataupun dinas-dinas lain bahkan bupati Jayapura untuk mengetahui jumlah penduduk terutama penduduk asli jayapura.

Pendataan dilakukan untuk basis data sebagai dasar bagi pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan keluarga. Pendataan Keluarga tahun 2021 menjadi sesuatu yang penting bagi pemerintah dan pemerintah daerah dalam menyediakan basis data keluarga untuk intervensi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana), dan program pembangunan lainnya. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *