BKKBN Papua Gelar Penguatan Kapasitas dan Kapabilitas Pengelola Rumah data Kependudukan

Biak_ Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengelola program perencanaan pengendalian penduduk tingkat kab/kota, Perwakilan BKKBN Provinsi Papua dalam hal ini bidang Pengendalian Penduduk menggelar kegiatan Penguatan Kapasitas dan Kapabilitas Pengelola Rumah Data Kependudukan   di Kampung KB Percontohan di Kabupaten Biak Numfor mulai dari tanggal 23-26 Juni 2021 bertempat di Hotel Arumbai, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Penguatan Kapasitas dan Kapabilitas Pengelolaan Rumah Data Kependudukan (RDK) menjadi salah satu program yang menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Biak Numfor di Dinas Perlindungan, Pemberdayaan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB). Salah satunya dilakukan dengan cara meningkatkan pendampingan di masyarakat, sekaligus menjadikan dua kampung sebagai kampung percontohan untuk penguatan kapasitas dan kapabilitas Pengelolaan Rumah Data Kependudukan.

“Dua kampung ini Binyeri dan Samao merupakan kampung-kampung yang memiliki niat untuk memajukan kampungnya sendiri. Ada prestasi yang dihasilkan kedua kampung ini sehingga menjadi perhatian banyak pihak, mari kesempatan yang ada dimanfaatkan karena tidak dimiliki oleh kampung-kampung lain,jelas sekretaris daerah kabupaten Biak Markus O. Masnembra, SH.,MM saat membuka kegiatan ini.

Selain itu Sekda juga berharap kiranya kegiatan ini bukan hanya formalitas, tetapi memang benar-benar menjadi sebuah kebutuhan di daerah. Bagi pendamping dan kader harus sudah punya pemahaman terhadap Penguatan Kapasitas dan Kapabilitas Pengelolaan Rumah Data Kependudukan. Ini penting menjadi perhatian serius sebagai salah satu komitmen untuk membangun kampung dengan baik. Dan Program Pengelolaan Rumah Data Kependudukan di kampung keberhasilannya tak hanya dinilai ditingkat kabupaten, namun juga ada penilaian lain dari pemerintah dari pusat, provinsi dan terhadap kampung yang punya komitmen untuk membangun kampungnya sendiri dalam berbagai prestasi yang dicapai, jelasnya”.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Dalduk BKKBN Papua ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengelola program KB khususnya pada Rumah Dataku yang selanjutnya dapat membagikan keahliannya kepada pengelola di kab/kota mereka masing-masing.

Pertemuan Penguatan Kapasitas dan Kapabilitas Pengalola Rumah Data Kependudukan (RDK)  juga mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Membangun kepedulian dan kesadaran akan data pada masyrakat desa/kelurahan.
  2. Membangun kelompok kegiatan dalam bidang data pada tingkat desa/kelurahan .
  3. Meningkatkan Keterampilan dan Pemahaman Kepada Kader Pengelola Rumah Data Kependudukan di Tingkat Desa/Kelurahan
  4. Bisa meningkatkan jenjang dari Sederhana, Lengkap, Rumah Data Kependudukan menjadi  RDK Paripurna.

Kegiatan ini diikuti sekitar 20 orang peserta dianataranya  Kepala Kampung Binyeri, Kepala Kampung Samau, Kader Rumah Data, Pendamping Rumah Data Kependudukan (PKB/PLKB).

(S.M)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *