BKKBN Provinsi Papua Ikuti Pelatihan Internasional Training On Public Policy For Policy Analyst

Sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo tentang penyederhanaan birokrasi dimana disebutkan bahwa pada jabatan struktural akan dilakukan penyederhanaan menjadi dua level yang memberikan penghargaan dan apresiasi keahlian dan kompetensi yang dimiliki oleh ASN. Hal ini dilakukan dengan mengedepankan prinsip miskin struktur tetapi kaya fungsi untuk mewujudkan birokrasi yang dinamis, lincah (agile), adaptif dan profesional dalam upaya meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam mendukung kinerja dari pemerintah kepada masyarakat Indonesia.

BKKBN Papua Ikuti Training On Public Policy Secara Daring

Penyerdahan sistema birokrasi ini dilakukan dengan melakukan pengalihan jabatan administrator (eselon III), pengawas (eselon IV), dan pelaksana (Eselon V) menjadi jabatan fungsional yang menghargai keahlian dan kompetensi sesuai dengan penyetaraan jabatan. Penyederahaan ini dilakukan dengan penyetaraan jabatan-jabatan tersebut dimana Jabatan Administrator menjadi Jabatan Fungsional Ahli Madya, Jabatan Pengawas menjadi Jabatan Fungsional Ahli Muda, dan Jabatan Pelaksanan disetarakan menjadi Fungsional Ahli Pertama.

Bentuk dukungan dalam melaksanakan amanat Presiden Republik Indonesia serta menindaklanjuti Surat Edaran Menteri PAN RAB maka BKKBN sebagai Lembaga Negara Non-Kementerian telah melakukan pengalihan jabatan struktural ke dalam Jabatan Fungsional. Salah satu Jabatan Fungsional ditentukan sebagai pengalihan dari Jabatan Administrasi adalah Jabatan Fungsional Analis Kebijakan.

Dalam upaya mendukung pengalihan ini dilakukan dengan pemberian dan peningkatan pengetahuan sejumlah Fungsional Analis Kebijakan yang ada di lingkungan BKKBN, melalui Pusat Pelatihan dan Kerja Sama Internasional KKB menyelenggarakan Pelatihan Internasional menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris tentang hal-hal yang terkait dengan Kebijakan Publik/ Public Policy dalam mendukung capaian kinerja Analis Kebijakan dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana. Kegiatan ini dilaksanakan dengan bekerja sama bersama Flinders University Australia  secara virtual mulai  22-24 September 2020. (Prahum/SNT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *