CEGAH COVID 19 DENGAN 8 FUNGSI KELUARGA

Pandemi Covid 19 masih terus melanda Indonesia dan global. Sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk menangkal virus yang sangat cepat penyebarannya ini. Indonesia bahkan sudah melewati fase Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan saat ini memasuki tatanan kehidupan baru (new normal), namun kasus penderita covid masih terus bertambah.

Data dari covid19.go.id tanggal 09 Juli 2020, jumlah pasien terkonfirmasi sebesar 70.736 (penambahan 2.657 Kasus), pasien dirawat sebanyak 34.668 (49.010% dari terkonfirmasi), pasien meninggal dunia sebanyak 3.417 (4.831% dari terkonfirmasi), dan pasien sembuh sebanyak 32,651 (46.159% dari terkonfirmasi).

BKKBN sebagai instansi pemerintah dalam upaya preventif turut mensosialisasikan peran keluarga dalam mencegah penyebaran covid 19, yaitu dengan menerapkan 8 fungsi keluarga.

FUNGSI AGAMA

Keluarga diharapkan mampu mendorong anggotanya menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Peran fungsi agama dalam pencegahan covid 19 antara lain :

  • Meyakinkan seluruh anggota keluarga bahwa covid 19 adalah kehendak dan ketetapan Tuhan Yang Maha Esa
  • Mengingatkan anggota keluarga untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi pandemi
  • Mendorong anggota keluarga untuk menjaga kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan serta berdoa agar terhindar dari virus corona
  • Mendorong seluruh anggota keluarga untuk beribadah sesuai protokol covid 19

FUNGSI SOSIAL BUDAYA

Keluarga diharapkan mampu menggali, mengembangkan, dan melestarikan kekayaan sosial budaya yang dimiliki Bangsa Indonesia. Peran Fungsi Sosial Budaya antara lain :

  • Orang tua mengajarkan anak untuk patuh kepada pemerintah dan menjalankan arahan dari pemerintah tentang kebijakan pencegahan covid 19
  • Mendorong anggota keluarga untuk peduli terhadap sesama dengan tidak menimbun bahan sembako, obat-obatan, dan lainnya
  • Mendorong anggota keluarga untuk bergotong royong memerangi virus corona dengan cara berbagi informasi yang benar

FUNGSI CINTA KASIH

Keluarga berfungsi untuk menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang antara anggota keluarga, antar kerabat, serta antar generasi untuk menciptakan keharmonisan. Perannya dalam mencegah covid 19 :

  • Mendorong untuk saling menguatkan dan memberikan dukungan kepada seluruh anggota keluarga dan antar sesama dalam menghadapi masa sulit pandemi covid 19
  • Menumbuhkan rasa tanggung jawab anggota keluarga untuk tidak menjadi perantara dalam penyebaran covid 19
  • Mengajarkan anggota keluarga untuk dapat memperhatikan kebersihan diri sebelum menunjukkan rasa kasih sayang kepada siapapun, seperti mencuci tangan, mandi dan menggunakan pakaian bersih setelah beraktivitas.

FUNGSI PERLINDUNGAN

Keluarga dapat berfungsi sebagai tempat perlindungan yang memberikan rasa aman dan tentram lahir batin sejak dalam janin sampai lanjut usia. Perannya dalam pencegahan covid 19 :

  • Mendorong anggota keluarga untuk dapat membekali diri dengan pengetahuan dan informasi yang benar terkait covid 19
  • Menjaga kebersihan diri dan barang, menyediakan asupan makanan yang bergizi lengkap untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mendorong anggota keluarga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, menghindari keramaian, dan memperhatikan protokol kesehatan jika terpaksa beraktivitas di luar.

FUNGSI REPRODUKSI

Keluarga menjadi tempat mengembangkan fungsi reproduksi secara menyeluruh, termasuk seksualitas yang sehat dan berkualitas, dan pendidikan seksualitas bagi anak. Implementasi fungsi reproduksi dalam pencegahan covid 19 :

  • Memperhatikan secara khusus kebersihan diri, kebersihan alat pribadi, dan keselamatan anggota keluarga yang sedang hamil, masih balita, lansia, dan memiliki penyakit penyerta lainnya sebagai orang yang paling beresiko terpapar covid 19.
  • Memperhatikan kebersihan diri orang-orang yang berinteraksi secara langsung dengan anggota keluarga yang sedang hamil, masih balita, lansia, dan memiliki penyakit penyerta.

FUNGSI SOSIALISASI DAN PENDIDIKAN

Keluarga sebagai tempat utama dan pertama memberikan pendidikan kepada semua anak untuk bekal masa depan. Implementasinya dalam pencegahan covid 19 :

  • Orang tua sebagai pemimpin keluarga memberikan informasi yang benar tentang covid 19 termasuk pencegahannya dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami
  • Membiasakan anggota keluarga untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, yaitu dengan menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

FUNGSI EKONOMI

Keluarga adalah sebagai tempat utama dalam membina dan menanamkan nilai-nilai yang berhubungan dengan keuangan dan pengaturan penggunaan keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penerapannya dalam pencegahan covid 19 antara lain :

  • Membiasakan pola hidup yang hemat (tidak boros) dengan mengurangi konsumsi yang tidak terlalu penting dan berlebihan, termasuk tidak menimbun barang-barang sembako
  • Menunjukkan betapa mahalnya biaya berobat dan susahnya kehilangan pekerjaan yang dialami banyak orang sebagai akibat dari penyebaran virus corona.

FUNGSI PEMBINAAN LINGKUNGAN

Keluarga berperan mengelola kehidupan dengan tetap memelihara lingkungan di sekitarnya, baik lingkungan fisik maupun sosial, lingkungan mikro, meso, dan makro. Implementasi dalam pencegahan virus corona :

  • Mengingatkan anggota keluarga untuk peduli pada kebersihan dan kelestarian lingkungan, serta bergotong royong agar terhindar dari penyakit juga virus corona
  • Mengajak anggota keluarga untuk membersihkan lingkungan tempat tinggal secara berkala, menanam sayuran, tanaman, ataupun buah-buahan di lingkungan sekitar.

 

Dengan menerapkan 8 fungsi keluarga dan taat pada anjuran juga himbauan pemerintah, semoga kita semua dapat terhindar dari penyebaran virus corona dan pandemi ini segera berakhir (Henderina, Penyuluh KB Perwakilan BKKBN Prov.Papua).

 

Sumber : Modul Pembelajaran II Pencegahan Covid 19 dalam e-learning PKB Siaga Covid, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *