Bunda PAUD Kota Jayapura Ajak Anak PAUD Kencana Waripoi Gemar Makan Ikan

PAUD Kencana Waripoi Binaan  Dharma Wanita Persatuan (DWP) Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua menggelar Kegiatan Gerakan Edukasi makan Ikan Mencegah Stunting yang diikuti seluruh Siswa/siswinya, berlangsung di halaman PAUD Kencana Waripoi Kota Jayapura (10/12/19)

Kegiatan ini turut dihadiri  Bunda PAUD Kota Jayapura Kristina L.Mano,S.IP,M.AP, Ketua Pengelola PAUD Kencana Waripoi Dra. Karolina R.S. Wenggi,MH, Kepala Bidang PLS Dinas Pendidikan Kota Jayapura,   Drs. Cliford Korwa,M.Pd, Pengurus dan anggota DWP BKKBN Papua, Tim Penggerak PKK, serta Para orang tua siswa/siswi PAUD Kencana Waripoi.

Bunda PAUD Kota Jayapura Kristina L.Mano,S.IP,M.AP, Ketua Pengelola PAUD Kencana Waripoi Dra. Karolina R.S. Wenggi,MH, dan Kepala Bidang PLS Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Drs. Cliford Korwa,M.Pd foto bersama siswa/siswi PAUD Kencana Waripoi

Berkaitan dengan kegiatan Gerakan Edukasi makan Ikan guna mencegah Stunting ini, Leonorce Selaya,S.Pd Kepala Sekolah PAUD Kencana Waripoi mengungkapkan, Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian PAUD Kencana Waripoi untuk meningkatkan pengetahuan orangtua terhadap pentingnya mengkonsumsi Ikan yang bermanfaat bagi pertumbuhan anak.

“kita kendalanya itu biasanya karena orangtua tidak biasa menyajikan ikan sebagai menu di rumah dan lebih memilih makanan cepat saji, untuk itu lewat kegiatan Gerakan Edukasi makan Ikan Mencegah Stunting ini kita ingin mengajarkan anak dan orangtua, terlebih kami di PAUD punya Pendidikan Keluarga, agar melalui pendidikan keluarga ini, orangtua bisa mengajak  anak untuk makan ikan, karena ikan itu sangat bermafaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak, ungkap Leonorce Selaya”

Sementara itu, Ketua Pengelola PAUD Kencana Waripoi Dra. Karolina R.S. Wenggi,MH yang juga merupakan Ketua DWP BKKBN Papua dalam sambutannya pada kegiatan ini mengatakan, Orangtua Punya peran penting dalam tumbuh kembang anak sehingga terhindar dari stunting atau kondisi dimana tinggi badan anak tidak sesuai dengan umurnya karena kurangnya asupan gizi. Dengan adanya pemahaman orangtua tentang pentingnya menyediakan menu ikan bagi anak sebagai upaya untuk mencegah stunting diharapkan nantinya anak-anak di Papua menjadi Generasi Emas

“ Melalui kegiatan ini kita ingin agar stunting menjadi bahasa yang familiar, agar kita memahami bahwa anak-anak harus bertumbuh mulai dari tinggi dan berat badan agar sesuai dengan standart yang ditentukan dan orang tua lebih berpartisipasi dalam tumbuh kembang anak, tutur Karolina R.S. Wenggi”

Bunda PAUD Kota Jayapura Kristina L.Mano,S.IP,M.AP pada kesempatan tersebut juga mengajak para siswa/siswi PAUD Kencana Waripoi agar mengkonsumsi ikan sebagai upaya mencegah stunting. Hal ini juga menjadi tanggung jawab orangtua untuk memberikan makanan yang bergizi bagi anaknya bahkan sejak anak masih dalam kandungan.

“kita berharap agar makanan yang bergizi tidak hanya disediakan di PAUD, tetapi di rumah juga harus menyediakan makanan yang bergizi. Jangan sampai anak ingin makan ikan  namun karena kesibukan orangtua  akhirnya tugas untuk menyediakan makanan bagi anak diserahkan kepada anggota keluarga yang lain padahal anak-anak itu membutuhkan kasih sayang kita (orangtua) ungkap Kristina L.Mano ”

Kristina L.Mano juga mengapresiasi kegiatan Gerakan Edukasi makan Ikan Mencegah Stunting yang baru pertama kali digelar oleh PAUD Kencana Waripoi ini, ia berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin oleh PAUD lainnya di Kota Jayapura dalam upaya mempersiapkan generasi emas di Papua.(Meldaria/2019)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *