Genre Fellowship Papua 2019 Usung Tema “Papua Rumah Bersama”

Genre Fellowship Papua  2019 yang sebelumnya dikenal dengan Genre Goes to School kembali digelar Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua bekerjasama dengan Forum Genre Indonesia (FGI) Papua. Tahun ini  SMA Negeri 4 Kota Jayapura menjadi tuan rumah dari event yang telah menjadi agenda tahunan BKKBN Papua tersebut (23/11/2019).

Mengusung Tema “Papua Rumah Bersama”  dan  Sub Tema  “Mari Sa dan Ko Jaga Toleransi Di Rumah Kita Tanah Papua”,  Genre Fellowship Papua  2019 dihadiri kurang lebih empat ratus pelajar dari Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja yang ada di Kota Jayapura,Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom, serta hadir pula para mitra kerja Program Genre BKKBN.

Ketua panitia Genre Fellowship Papua  2019, Andi Ashar mengungkapkan Tema yang di usung pada kegiatan ini adalah  Papua Rumah bersama, maka melalui kegiatan ini diharapkan terbangun kebersamaan dan toleransi dikalangan remaja. “Tujuan Kegiatan ini sesuai dengan temanya yaitu Papua Rumah Bersama, kita jalin toleransi  di Papua karena  Papua adalah rumah kita bersama, rumah berkumpulnya setiap Suku, Agama dan Ras”

Andi menjelaskan, sesuai dengan konsep Pusat Informasi dan Konseling (PIK) yaitu wadah yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja dalam memperoleh informasi dan pelayanan konseling tentang Program Genre, maka kegiatan atau kompetisi pada Genre Fellowship Papua  2019 ini dilakukan dari, oleh dan untuk remaja tentunya  berkaitan dengan substansi Program Genre. Ia juga  berharap, melalui event ini  seluruh PIK yang hadir akan menjadi lebih aktif dan yang terpenting adalah paham terkait substansi Program Genre diantaranya 8 Fungsi Keluarga, Triad KRR yaitu Pendewasaan Usia Perkawinan,Seksualitas dan napza) serta Life skills.

 

Kabid KSPK Perwakilan BKKBN Papua, Drs. Djonny Suwuh

Sementara itu, Kabid KSPK Perwakilan BKKBN Papua, Drs. Djonny Suwuh berharap melalui kegiatan Genre Fellowship Papua  2019 ini remaja dapat memahami resiko ketika melakukan pergaulan bebas seperti seks pra nikah atau Narkoba, dan selanjutnya menjadi sumber informasi bagi sesama remaja agar terhindar dari hal tersebut. Djonny Suwuh juga berharap sesuai dengan Tema “Papua Rumah Bersama”, maka melalui kegiatan ini terbangun rasa toleransi di kalangan remaja.

“Papua itu terdiri dari beragam suku, sehingga Toleransi itu perlu dan membangun toleransi itu dimulai dari remaja, dan melalui kegiatan ini mereka menjadi sumber informasi pentingnya toleransi sehingga terbentunya situasi keakraban dimasyarakat”

Peserta lomba Band pada Genre Fellowship Papua 2019

Beragam kegiatan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman peserta Genre Fellowship Papua 2019   baik terkait substansi program Genre maupun terkait toleransi yaitu Talkshow, Lomba Rangking 1 Genre, Outbond, Vlog Genre, Lomba Cerdas Cermat Genre dan lomba Band.(Tirza/WI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *