Deputi KSPK BKKBN: Program Genre Papua Harus Disesuaikan Dengan Khas Papua

Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, Dr. dr. M. Yani, M. Kes belum lama ini melakukan kunjungan kerja ke BKKBN  Papua.

Dalam kunjungannya, M. Yani yang juga merupakan Ayah Genre bertemu dengan kelompok remaja Papua yang  mengikuti lokakarya bertajuk  Peningkatan Aksessibilitas Program Kependudukan,Keluarga Berencana dan pembangunan Keluarga (KKBPK) bagi kelompok Remaja di Papua yang berlangsung di Aula Kantor BKKBN Papua (19/11/19).

Lokakarya yang digelar BKKBN Melalui Direktorat Ketahanan Remaja Pusat bekerjasama dengan Jhons Hopkins University Center for Communications Indonesia  ini bertujuan meningkatkan partisipasi remaja dalam memetakan kebutuhan dan pengembangan intervensi untuk mendukung upaya akselerasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), khususnya intervensi program untuk remaja.

Berkaitan dengan tujuan dari lokakarya ini, M. Yani mengatakan Program yang dirancang di BKKBN Pusat belum tentu cocok untuk semua wilayah di Indonesia sehingga ke depan program program di BKKBN khususnya program Genre harus memperhatikan kearifan lokal namun tetap dengan pesan yang sama.

“Program (Genre) kita seharusnya menyesuaikan dengan kondisi anak-anak muda yang ada disini (Papua) tetapi pesan-pesan bahwa remaja itu harapan bangsa itu tetap sama. Mereka harus paham tentang bagaimana berkeluarga, tentang apa peran menjadi ayah dan ibu dan memahami kesehatan reproduksi, jadi mempersiapkan keluarga dari segi Fisik, Psikologis dan Agama dan yang paling penting adalah program harus menyesuaikan dengan kekhasan dari Papua, dan Ayah melihat Genre Papua Luar Biasa, tentu ini berkat didikan dari Perwakilan Papua dan ini hal yang baik yang harus di teruskan”

Pada kesempatan tersebut, M. Yani juga mengatakan keberhasilan program Genre di Papua tidak terlepas dari  dukungan pengelola Program Genre yang ada di Kabupaten/Kota.  Lebih lanjut di katakan, ke depan tantangan Program Genre akan semakin besar sehingga mari kita rapatkan barisan,  bersama  siapkan generasi muda Papua dengan meningkatkan kegiatan-kegiatan remaja dan tentunya BKKBN siap memberikan dukungan.(Tirza/WI)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *